Taman Selomanik

Taman Selomanik, Wonsobo

Membicarakan keindahan dan keeksotisan Wonosobo tentunya tidak akan pernah cukup hanya dalam satu bait kata saja. Pemerintah disini dikenal sangat memperhatikan kemajuan infrastruktur pariwisata daerahnya. Tidak cukup hanya dengan membangun beberapa taman semacam taman Kartini, taman Selomanik, dan beberapa taman lain. Anda akan menemukan beberapa bangunan atau monumen unik seperti monumen Carica-Purwaceng.
taman selomanik
Wonosobo sedang mengembangkan sektor pariwisata. Sebab, daerah ini memiliki banyak obyek wisata yang sangat menarik, baik berupa wisata sejarah, wisata budaya, maupun wisata agro. Dalam beberapa tahun belakangan, Wonosobo memperbanyak pembangunan taman. Mulai dari Taman Tien Soeharto, Taman Selomanik, Taman Ainun Habibie hingga Taman Fatmawati. Namun sayangnya, di antara sejumlah taman yang ada di Wonosobo, masih sedikit yang memberikan fasilitas permainan bagi anakanak, seperti ayunan dan sejenisnya.
Banyaknya anak-anak yang memadati tempat persewaan mainan anak di Alun-alun Wonosobo setiap pagi dan pasas swalayan, menjadi bukti banyaknya anak-anak Wonosobo yang menginginkan adanya sarana permainan anak.
Salah satu yang baru dikembangkan di wonosobo adalah Taman Selomanik. Taman ini berada di wilayah Argopeni, di belakang komplek perumahan dinas pertanian Wonosobo. Tepatnya di Jl. Argopeni No.34, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo.Untuk menuju ke sini tinggal masuk gang setelah Masjid Kuman. Area parkirnya luas dan taman cukup sepi. Di sini anak-anak bisa belajar mengenal ekosistem sawah karena tepat di sebelah taman ada persawahan luas.
Nama taman ini mengambil nama Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Selomanik. Beliau adalah seorang pejuang kemerdekaan yang gigih menentang penjajahan kolonial Belanda ditanah Jawa. KRT Selomanik dan prajuritnya beberapa kali terlibat peperangan yang sengit dengan penjajah Belanda, seperti peperangan di Kaliwira, Sapuran dan di Kertek untuk menghadang pasukan Belanda yang datang dari Temanggung dan Purworejo.
Event yang sering dilaksanakan di sana adalah lomba burung berkicau Sabtu Ceria ,yang diselenggarakan oleh Kicau Mania Wonosobo Bersatu (KMWB). Jika anda salah satu penggemar burung berkicau, maka taman ini adalah tujuan utama anda di Wonosobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar